Jumat, 08 November 2013

(Bukan) melarang

Anak SMP apdet status begini "Aq akan berusaha ngelupain msa lalu q sm dia,aq tau msa lalu q kelam bgt,dan dia dah bikin q sakit bgt,disini,nyesek!" 
SMP palingan bru berumur 13an... 
Miris ya,bru umur segitu dah punya masa lalu suram,gimana dia bs menata masa depannya,klu cerita masa "anak-anak" yg seharusnya main doank,bs "disuramkan" krn terlalu dini mengenal "pacaran".... 

Sebagai,bagian dari pendidikan,saya bukan melarang "habis-habisan" krn saya pernah muda dan sampai skrg mash belum bs menahan diri untuk tidak terlibat hubungan personal dengan lawan jenis secara dekat,namun menurut hemat saya,sebaiknya ada "tutor" ringan batas pacaran itu umur berapa,bukan juga melegalkan pacaran,saya tegaskan,sikapa saya "menertibkan". 

Kan gk lucu,klu anak SMP sudah memiliki masa lalu suram,bukan salah kita??salah dia yg pacaran?? 
Bukan! Salah kita semua,krn kurang kontrol! 

Keteledoran kita sebagai orang dewasa : 
1. Mendengar curhatan anak/adik/siswa/mereka ttg pacar2 mereka dan memberi solusi, "jalanin aja,kalian kan msh kecil,"hhhaha...kenapa gk bilang "makanya jangan pacaran,kerjain PR,bantu mama,belajar yg betul,udah,putusin aja," 
2.Socmed adalah media paling jitu.Kalau zaman saya dlu SMP,mau ketemu sm "teman" dekat aja,sekampung org tau,krn gk ada media bwt komunikasi sementara rindu membuncah,,Nah!klu sekarang,dalam selimut (org tua mikir si anak udah tidur,taunya lg webcam sm pacarnya) solusi: kasih fasilitas untuk anak,tapi kontrol pemakaiannya. 

3.Orang tua selalu "ngedukung" anak. Ini gk perlu konfirmasi apa-apa,dan menganalisa,langsung "I go in you" Anak-anak harus disibukan dengan kegiatan positif,les/ belajar tambahan misalnya. Ketika anak gk mau les," Capek ma,siang dah belajar disekolah,msk sore les lagi," org tua dukung,ya udah berenti les... 

Ingat: Anak adalah amanah.... 
Note ini bukan untuk sok2an/barangkali ada yg ngernyit dahi,lu aja pacaran/ well,cukup saya saja dan saya ingatkan lagi,saya tak melarang tp tolong dikontrol /mari selamatkan generasi muda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar