Jumat, 08 November 2013

Untuk Laki-Laki Setelah Ayah

Putra,Aku tidak tau sudah berapa banyak puisi yang ku tulis untukmu,dan lebih tidak tau lagi,apa ada puisi yang layak. 
Kenapa aku lebih suka menuliskan puisi untukmu ketimbang membelikanmu sesuatu?Di samping aku tak punya cukup uang,menurutku hanya dengan puisi kau akan tau betapa kedalaman cinta ku tumbuh lebih subur dari diriku. 
Saban malam,sebelum tidur,ketika bangun dan akan berangkat kerja,kadang-kadang ketika aku sangat rindu,lalu aku menuliskan puisi untukmu,mengirimkannya melalui pesan-pesan pendek di ponsel. 
"Terima Kasih,sayang," 
Aku yang aktif tak pernah bisa mengalahkan kamu yang pasiv. Aku hampir menyerah padamu hingga kau tawarkan satu puisi saja sepanjang perjalanan kita. 
Puisi yang sangat tak sederhana,jauh lebih rumit dari senyum mu yang sebaris. 
Putra,Aku tidak tau sudah berapa banyak puisi yang ku tulis untukmu,dan lebih tidak tau lagi,apa ada puisi yang layak. 
Tak menjadi apa-apa bukan hal yang aku takutkan. Melihat dompet kosong saban hari itu hal biasa. Makan dengan menu yang sama menjadi hiburan tersendiri.Yang aku takutkan,akan tiba hari dimana kau tak dapat mengenali ku lagi. 
Lenganmu tak lagi mampu melukiskan cahaya,lalu pelan-pelan menjadi tanah. Menyelinap pada batu-batu di halaman,lalu menjadi cahaya yang kemerahan pada suatu pagi. Namun tetap saja,saat itu,kedatanganmu yang meliuk bersama senja,adalah luka yang tak mampu melahirkan mu kembali. 
Sehangat apapun matahari senja,tak akan mampu melerai hangat dekap sepasang tanganmu Putra,yang saat itu telah mengukir nama pada batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar