Jumat, 03 Agustus 2012

(Not) A letter from Mom


Wah sudah lama sekali kita tak “main” surat-suratan..
Bunda tak tahu pasti apakah kamu adalah anak yang bisa menjadikan Bunda teman, karena ketika Bunda menulis ini Bunda baru berumur 26 dan Bunda belum menikah tapi sudah sejauh ini Bunda mempersiapkan untuk kedangan masa ini: masa menjadi Ibu yang mempunyai anak remaja yang sedang pubertas.
Hahahah..apakah kamu tau apa itu artinya?
Bunda akan menceritakan dan memberi tahu apa yang Bunda tahu..

Yang pertama, setiap orang pasti mengalami masa ini..masa ini, menurut kita adalah masa yang paling indah juga masa yang paling berbahaya. Tentu Bunda tahu banyak tentang ini, Bunda baru saja merasakanya, Bunda tidak akan lupa dengan detailnya, karena ketika menulis surat ini Bunda masih akan berumur 26. Bunda masih dewasa awal saat ini, belum terlalu matang, jadi masih segar di ingatan Bunda bagaimana rasanya puber itu.
Pada masa-masa ini, kamu akan mengalami perubahan fisik. Yang perempuan akan terjadi perubahan pada bentuk tubuh. Bunda tau kamu cantik. Kamu cantik dan anggun dengan sikap dan tutur kamu bukan dengan wajah,nak. Namun pada masa ini, kamu akan terlihat makin cantik. Kau tau, pada masa ini kau juga akan suka berdandan, keadaan hatimu berubah ubah, kadang kau akan merasa semangat, capek, bosan, senang,sedih dan ini tak beraturan, itu wajar Sayang. Ini pasti akan sangat indah karena, kau akan kedangan tamu special. Kita menyebutnya menstrusi.
Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Kau tau artinya ini, artinya kau akan kedatangan ini setiap bulan. Kadang bagi remaja, kedatangan tamu ini masih belum teratur. kau tau, setiap kali datang bulan Bunda sakit perut, keringat dingin dan kadang Bunda sampai demam. Hahah…aneh kan? Tapi  itu biasa, semua orang mengalaminya, Cuma proporsinya berbeda-beda, ada yang sakit banget samapi pingsan, ada yang yang sakit aja tapi masih bisa beraktifitas. Pada saat ini emosi kamu tidak akan stabil, dan Bunda harap kamu bisa menyeimbanginya, tetap menjaga sikap.
Ada hal yang biasa disini, pada saat mentruasi kamu akan memiliki bau badan yang kurang sedap. Itu artinya kamu harus bersih dan pandai menjaga kebersihan tubuh kamu. Jangan jorok, sewaktu Bunda seumuran kamu slogan Bunda “mending dibilang cantik, dari pada dibilang bau,” nah lhoh?hahah..ya begitulah…
Ada yang sangat penting pada masa ini: ketika kamu telah mengalami mentruasi: semua  hal yang kamu lakukan diluar tanggung jawab Bunda. Karena di masa ini kamu sudah bertanggung jawab lansung dengan Tuhan. Bunda hanya punya control sejauh yang Bunda bisa. Selebihnya Tuhan akan mengotrol kamu secara lansung.
Tubuh yang indah, wajah yang cantik, akan berarti kalau kamu bisa menjaganya.
Pada masa ini kamu juga akan mengalami yang namanya perubahan psikis. Kau tau, pada masa ini kau juga akan suka berdandan, keadaan hatimu berubah ubah, kadang kau akan merasa semangat, capek, bosan, senang,sedih dan ini tak beraturan, itu wajar Sayang. Pada saat ini kamu akan merasa orang tua kamu adalah musuh. Yang tidak mengerti mau mu lah, yang tidak paham kamu lah, satu hal yang perlu kamu ingat: kasih Sayang itu tak akan pernah berubah, tergantung cara kamu memandang dan menyikapi setiap bentuk ekspresinya.
Kamu harus bisa menjaga diri. Pada masa ini ada dorongan yang sangat kuat antara ketertarikanmu dengan lawan jenis. Itu wajar. Tapi seperti apa kamu bisa menyikapinya: tetap jaga diri dari hal-hal yang merusak, anggunlah dalam bersikap dan libatkan Tuhan dan ingat Bunda selalu disampingmu,dimana pun kamu berada.
Kau mau berbagi?
Tulislah lagi sepucuk surat:
Apakah yang kau rasakan saat ini?
Menurutmu aku ibu yang seperti apa?
Apakah kau sudah siap “bertanggung jawab lansung “kepada Tuhan?

Salam Sayang

Mom




Tidak ada komentar:

Posting Komentar